Call for Articles MGI Bulletin December 2015

Author: Mata Garuda Institute

shadow

Mata Garuda Institute Bulletin (MGIB) mengundang seluruh alumni dan awardee beasiswa pendidikan LPDP untuk menulis mengenai aspek ketenagakerjaan dan roadmap talent management Indonesia.

Pada tahun 2030, 70% penduduk Indonesia diperkirakan berada dalam usia kerja. Ketersediaan lapangan pekerjaan merupakan salah satu tantangan utama, terutama lapangan pekerjaan bagi pemuda. Pada saat ini, tingkat pengangguran pada kaum muda (usia 15-24) mencapai 20%, atau hampir empat kali lipat dibanding tingkat pengangguran umum. Dari sisi gender, hampir 40% wanita muda usia 15-24 tahun tidak berada dalam proses pendidikan maupun bekerja.

Pada saat ini, seringkali bekerja pada institusi pemerintah (menjadi PNS) menjadi salah satu cara pemerintah untuk menyerap tenaga kerja. Akibatnya birokrasi menjadi ‘gemuk’ dan tidak efisien. Sistem birokrasi yang belum mengedepankan meritokrasi juga membuat pemuda yang berbakat, enggan untuk bergabung dengan pemerintahan. Hal ini kontras dengan situasi di beberapa negara maju seperti Singapura dan Jepang.

Pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM bangsa, misalnya melalui beberapa program beasiswa yang ditujukan untuk menghasilkan pemimpin masa depan. Namun roadmap SDM yang belum jelas, serta kurangnya sinergi dengan berbagai institusi dalam negeri, potensi SDM terdidik tersebut belum termanfaatkan dengan baik, bahkan berujung pada Indonesia’s talent brain drain. Buletin edisi ini mengajak para alumni dan awardee beasiswa pendidikan LPDP untuk meyumbang gagasan solutif atas tantangan ketenegakerjaan ini.

 

KETENTUAN Penulisan:

  • Tema utama adalah Ketenagakerjaan dan Roadmap Talent Management Indonesia.
  • Alumni dan awardee dapat menulis sesuai bidang masing-masing sesuai dengan lingkup tema di atas, misalnya terkait (1) masa depan sistem penerimaan (rekruitmen) dan meritokrasi pada pegawai negeri sipil (civil service system) Indonesia; (2) sinergi LPDP dan alumninya dengan institusi pemerintahan; (3) Indonesia’s talent brain drain; serta (4) liputan contoh kiprah alumni maupun awardee dalam membuka lapangan pekerjaan.
  • Artikel bersifat insight-oriented, ilmiah popular dan aplikatif.
  • Artikel berupa fakta (didukung data) opini, dan/atau analisis trend yang sedang popular.
  • Panjang artikel adalah ±800 kata dan diharapkan dilengkapi dengan grafik atau ilustrasi.

 

PENDAFTARAN penulisan paling lambat: Minggu 8 November 2015 @ 23:00 WIB.

PENGIRIMAN artikel paling lambat: Minggu 22 November 2015 @ 23:00 WIB.

 

Hubungi Koordinator MGIB:

Gibran Moha: Gibran.moha@gmail.com

Annisa Qastarin: annisarq@gmail.com

Related