Mata Garuda Institute Bulletin edisi Desember 2015: Ketenagakerjaan dan Roadmap Talent Management Indonesia

Author: T.A. Octaviani Dading

shadow

Assalamualaikum, Salam Sejahtera, Om Swastiastu.

 

Suatu hari, tim MGI membaca brosur BKPM di dalam pesawat yang menyebutkan beberapa “nilai tambah” Indonesia dalam menarik investasi dari luar negeri. Salah satunya adalah grafik mengenai betapa rendahnya harga buruh atau tenaga kerja di Indonesia dibandingkan dengan negara lain di ASEAN. Mengapa murahnya harga tenaga manusia disebut sebagai sebuah nilai tambah? Dan mengapa kita bangga atas hal tersebut? Selain itu, yang sering kita dengar adalah pada tahun 2020-2040 kita akan memiliki “bonus” demografi sebesar 70% usia produktif yang akan dapat menanggung 30% orang di usia tidak produktif. Di sisi lain, apakah kita menyebutnya sebagai “bonus” karena ini berarti semakin banyak orang yang dapat dipekerjakan? Buletin MGI kali ini mengulas pengelolaan sumber daya manusia di Indonesia dalam kaitannya dengan lapangan pekerjaan. Namun, MGI berharap kita bisa tetap kritis dalam melihat kaitan antara pendidikan dan lapangan pekerjaan sebagai sebuah mata rantai.

Artikel pada buletin kali ini mencakup isu yang cukup luas mulai dari motivasi agar menjadi seseorang yang mengoptimalkan potensi dirinya hingga mengenai grand design ketenagakerjaan Indonesia. Topik ini mencakup talent brain drain, sinergi BUMN dengan beasiswa pemerintah, meritokrasi di sistem kepegawaian pemerintah, ketenagakerjaan sektor pertanian, ekspekstasi dunia kerja terhadap lulusan pendidikan tinggi, dan masih banyak lagi.

Terakhir, tak terasa ini adalah buletin terkahir yang diterbitkan oleh tim think tank Mata Garuda periode kepengurusan 2015. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh kontributor artikel dan pembaca setia Buletin MGI semenjak buletin ini diterbitkan pada Februari 2015. Kami tim MGI mohon maaf atas kekurangan selama ini. Kami yakin kepengurusan selanjutnya akan mampu membawa MGI menjadi lebih baik lagi. Terima kasih.

 

Selamat membaca.

 

Tim MGI Bulletin

Note: File pdf MGIB Desember dapat diunduh di sini. MGIB juga dapat dibaca online di http://bit.ly/1OF082v.

 

 

Related